Boedot’s Weblog


Dual Monitor di OpenSuse 10.3
December 3, 2007, 5:49 am
Filed under: Linux

Begitu selesai instal Opensus 10.3 KDE, yg langsung ku cek adalah seting utk dual monitor bagi penggunaan LCD Projector. Beda dgn Windows, biasanya tinggal tekan Fn+F4 di notebok saya. Utk di linux kita harus aktifkan dual monitor. Caranya adalah buka Yast Control Manager -> Hardware -> Grapics Card & Monitor ( atau ketik #sudo sax2 ). Setelah muncul Graphic Properties, ternyata option Active Dual Head Mode dan 3D nya tdk enable…(garuk2 kepala). Langsung saja tanya ke Prof Google. Utk notebook ku Compac Presario V3412AU menggunakan chipset graphic NVidia Geforge Go 6150.

Ada hal yg sangat penting sebelum kita melakukan setting Xorg, yaitu melakukan backup file xorg.conf yg asli. Jadi kalau display padam kita bisa kembalikn ke settingan awal.

#cp /etc/X11/xorg.conf /etc/X11/xorg.conf.asli

selanjutnya buka link ini : http://en.opensuse.org/Nvidia dan langsung klik tombol hijau utk download Yast execute script ( http://opensuse-community.org/nvidia.ymp yg langsung mendownload dan menginstall file2 nvidia yg di perlukan. Setelah proses install dpt di restart . Kalu installnya berhasil, ketika proses startup pada screen akan tampil logo NVidia berwarna hijau, berarti proses install sukses

Ada 2 cara utk setting, yaitu melalui Yast Control Manager atau melalui NVidia XServer Setting

NVidia X Server SettingNVidiaTwin Conf

– Colok dulu konector display pd Display Out di notebok. K

– Klik System – Configuration – NVidia X Server Setting.

– Klik XServer Display Configuration

– Kalau tdk muncul 2 display, klik saja button Detect Displays.

– Pilih Display ke 2 dan klik button Configure , lalu plih TwinView.

– Atur resolusi monitor sesuai kebutuhan.

– Klik button Apply.

Configurasi bisa di save jika user root. Pengalamn saya pertama kali setting agak membingungkan. Biasanya di Windows antar display 1 dan 2 sama persis. Tetapi di sini display 2 bisa merupakan layar presentasi kosong saja. Jadi bisa di setting drag & drop dr satu display dgn display lainnya. Tetapi jika ingin settingan sama persis di kedua display tinggal pilih bagian position = Clone.

…….


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a comment