Boedot’s Weblog


Install PHP SAPRFC API
October 15, 2019, 3:53 am
Filed under: Uncategorized

Sebenarnya aplikasi ini sudah lama saya kerjakan, yaitu di tahun 2006-2007. Pernah saya tulis di website phpug-id dan saya presentasikan pada pertemuan ke-2 phpug-id. Berhubung website phpug-id sdh tdk ada, saya akan sharing lagi di blog saya ini (setelah vacum sekian lama …).

Ketika itu saya dapat tugas utk buat akses PO parts via website yang langsung ke system ERP SAP R3 yg perusahaan kami gunakan. Saya menemukan website http://saprfc.sourceforge.net/ tentang SAPRFC extension utk PHP yg di buat oleh Eduard Koucky. Extension tsb bisa digunakan sebagai penghubung aplikasi website php dgn SAP server.

Selanjutnya saya tulis ulang, bagaimana menginstallnya di server Linux Ubuntu 14.04. (Utk server windows pernah saya tulis di website php-ug dan sepertinya tulisan saya ada yg mengcopynya..silahkan cari sendiri). Kenapa Ubuntu server 14.04? Disesuaikan zamannya saat itu di tahun 2006-2007. Extension diatas support dgn php4 dan php5 dan tdk support dgn php7. Utk php7 saya akan buatkan pada tulisan berikutnya.

  1. Install server linux Debian 8 whezzy, lalu install apache2 dan php5 serta php5-dev utk penambahan modul extension SAP.
  2. Kita memerlukan SAPSDK yg dpt diperoleh dr CD SAP yg terletak pada directory Linux/Unix dan dapat di temukan file RFC.SAR dan SAPCAR. Atau download diwebsite SAP http://service.sap.com/swdc dgn login. SAPCAR adalah aplikasi dekompresi file dari RFC.SAR. Cara melakuka extract dgn mengetik ./SAPCAR -xvf RFC.CAR. Selanjutnya copy hasil extract td ke folder /usr/sa/rfcsdk
  3. Download php modul extesion SAPRFC. Lalu di extract
    tar zxvf saprfc-1.4.1.tar.gz

    cd SAPRFC-1.4.1

  4. Kemudian edit file saprfc.c, pada line 47 ganti “function_entry” ==> “zend_function_entry” dan save.
  5. Selanjutnya kita  compile :

    /opt/saprfc-1.4.1#phpize
    /opt/saprfc-1.4.1#./configure –with-saprfc=/usr/sap/rfcsdk
    /opt/saprfc-1.4.1#make
    /opt/saprfc-1.4.1#make install

  6. Selanjutnya kita aktifkan modul extension saprfc.so pada php.

    nano /etc/php5/mods-available/saprfc.ini

    ketik/tambahkan sbb :
    extension = saprfc.so

  7. Kemudian buat link agar modul extension baru di baca apache :

    ln -s /etc/php5/mods-available/saprfc.ini /etc/php5/cli/conf.d/20-saprfc.ini
    ln -s /etc/php5/mods-available/saprfc.ini /etc/php5/apache2/conf.d/20-saprfc.ini

  8. Reload service apache2 :

    service apache2 reload

  9. Cek apakah modul sdh teregistrasi, maka ditemukan modul saprfc

    #php -m

saprfc-module-php5

Demikianlah cara untuk melakukan install modul saprfc dalam php5. Selanjutnya saya akan jelaskan bagaimana cara menggunakan modul saprfc utk melakukan analisa dan ambil data SAP ABAP Function serta memanfaatkannya.

 

 

 


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a comment